50 Cara untuk Meningkatkan CV Anda saat Akan Melamar Pekerjaan di Perbankan atau Jasa Keuangan Lainnya

GajiUMR.com Tips – Halaman ini bisa menjadi daftar tips paling komprehensif untuk menulis resume atau cv. Terdapat 50 tips yang akan meningkatkan peluan Anda diterima saat melamar pekerjaan dalam Biidang Keuangan.

Memastikan bahwa resume Anda dibuat dengan sangat baik dan menjawab kebutuhan perekrut akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan wawancara kerja dan lebih berpeluang untuk diterima kerja di Perusahaann tersebut.

Tips Menulis Resume / CV untuk Dunia Perbankan

Resume yang baik adalah langkah pertama untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Berikut tipsnya:

1. Jangan menulis “Curriculum Vitae” atau “Resume” di bagian atas

Ini bukan hal yang dilakukan lagi; itu harus cukup jelas apa dokumen itu.

2. Nama Anda harus ada di atas

Ini adalah standar saat ini. Itu memudahkan perekrut untuk memilah-milah tumpukan aplikasi mereka.

3. Jangan Gunakan alamat email yang konyol

Jadi, [email protected] atau [email protected] terasa seperti email yang keren ketika Anda berusia 16 tahun. Sayangnya, itu tidak membuat Anda terlihat profesional atau serius. Buat email netral untuk resume Anda – tidak ada yang lucu, cakep, atau kasar, buatlah seprofesional mungkin.

Jika memungkinkan, gunakan email dengan nama domain yang disandingkan dengan portofolio Anda. Atau bisa juga gunakan Google Workspace agar email Anda terlihat lebih profesional.

Contoh sederhana : [email protected] akan lebih bernilai dari pada [email protected] Benar bukan?

4. Jangan sertakan judul dengan nama Anda

Jenis kelamin Anda tidak relevan. Jika Anda memiliki nama seperti Sam atau Alex, Anda tidak perlu menuliskan gelar Anda agar tim HRD mengetahui apakah Anda laki-laki atau perempuan.

Bahkan, memiliki nama yang netral gender mungkin merupakan keuntungan. Rata-rata, perekrut akan menganggap Anda laki-laki dan karena pasar kerja saat ini cenderung lebih menyukai laki-laki daripada perempuan, menjaganya agar tetap samar mungkin merupakan hal yang baik.

5. Satu-satunya informasi pribadi yang diperlukan: email, nomor telepon, alamat surat

Segala sesuatu yang lain tidak penting dan karena itu tidak boleh dimasukkan.

6. Jangan mencantumkan status perkawinan atau orientasi seksual

Apakah Anda lajang, menikah atau bercerai, gay atau heteroseksual sama sekali tidak relevan dengan pekerjaan itu; jangan sertakan detail pribadi ini.

Perlu Anda ketahui, memberikan terlalu banyak informasi pribadi membuka Anda untuk diskriminasi.

7. Jangan sertakan agamamu

Itu tidak menambah nilai Anda sebagai calon karyawan. Lebih baik jika Anda cantumkan keahlian khusus atau hobi spesial yang mendukung target pekerjaan yang sedang Anda bidik. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda diterima.

8. Jangan sertakan pilihan politik Anda

Itu tidak menambah nilai Anda sebagai calon karyawan.

9. Jangan sertakan informasi gaji apa pun

Ketahuilah, menggunakan kata-kata yang benar dan tampak dewasa akan menandakan jenis paket pembayaran yang Anda cari. Saat diperiksa, sebagian besar perekrut akan tahu apakah mereka berurusan dengan profesional berpengalaman atau amatir.

10. Hindari diskriminasi usia

Dulu umum untuk memasukkan tanggal lahir Anda di resume Anda tetapi oleh hukum itu tidak lagi diperlukan di banyak negara maju. Usia Anda tidak memengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan sebagian besar pekerjaan, jadi jangan sertakan.

11. Font: gunakan ukuran Arial 9 atau 10

Arial berpenampilan rapi dan terlihat sangat profesional. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan semuanya dalam satu halaman dan Arial menghabiskan terlalu banyak ruang, gunakan Arial Narrow.

12. Panjang: satu halaman, sangat ideal

Kebanyakan orang memiliki rentang perhatian yang sangat pendek sehingga semakin pendek, semakin besar kemungkinan perekrut akan melewati seluruh resume.

Dua halaman tidak apa-apa tetapi meskipun demikian, dapatkan informasi pekerjaan paling penting di halaman satu.

13. Seberapa jauh Anda harus mundur? Tidak lebih dari 15 tahun, umumnya

Saat Anda mendapatkan pengalaman kerja dan hidup, Anda harus mulai menghapus beberapa pengalaman karena itu tidak penting lagi.

Misalnya, resume saya ketika saya menyelesaikan sekolah menengah memiliki beberapa posisi tanggung jawab: Kepala OSIS, Kapten Ini, Kapten Itu. Harap hapus semua itu sekarang. Itu tidak relevan dan telah digantikan oleh universitas dan pengalaman yang lebih baru.

14. Gunakan poin-poin

Poin-poin memberi struktur pada resume/CV, mereka membuatnya lebih menarik dan lebih mudah dibaca oleh perekrut.

15. Jangan gunakan narasi

Jangan gunakan kalimat lengkap atau tulis seperti Anda sedang bercerita. Anda dapat melakukannya di surat lamaran Anda.

16. Jangan gunakan kata ganti orang – saya, dia, dia, itu, kami, mereka, kamu

Langsung ke intinya. “Saya menutup penjualan terbesar tahun ini” terlalu lama, katakan saja “Penutupan penjualan terbesar tahun 2012”

17. Tanpa batas

Umumnya, resume / CV profesional tidak memiliki batas. Jika seorang Presiden harus menulis resume, apakah Anda melihatnya memiliki batas di atasnya? Untuk beberapa alasan, tidak bisa. Bahkan sejak awal, Anda ingin resume Anda memiliki kesan seorang Negarawan – bersih, percaya diri, profesional, to the point.

18. Jangan mencoba menjadi terlalu berbeda, tidak ada barang mewah

Ambillah dari seseorang yang telah merekrut sebelumnya. Di atas dan di luar terlihat jelas dan cerdas, tidak ada yang lebih menyebalkan daripada seseorang yang mencoba menonjol dengan

  • a) menambahkan grafik ke resume mereka atau
  • b) menyajikan informasi dengan cara yang sama sekali berbeda dengan standar.

Jika Anda memiliki setumpuk 50+ resume untuk dilalui (dan banyak perekrut saat ini memiliki lebih banyak lagi), jauh lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan ketika orang mengikuti urutan biasa. Pendidikan pertama, pengalaman kerja kedua, lalu yang lainnya setelah itu.

Ketika saya ingin merekrut, saya hanya ingin seseorang yang dapat melakukan pekerjaan itu dan memiliki resume yang keren tidak akan membedakan Anda. Jika ada, beberapa orang mungkin menganggap Anda mencoba mengimbangi kekurangan sesuatu.

19. Format penting

Beberapa resume terlihat sangat jelek. Seorang perekrut yang memiliki banyak resume untuk dilalui tidak akan membuang waktu mereka untuk seseorang yang tidak mau repot-repot merapikan resume mereka.

Ada template resume gratis untuk Anda mulai. cek di link berikut : Daftar Resume Builder Terbaik

20. Tunjukkan tanggal dengan jelas

Tempatkan tanggal di kiri atau kanan agar mudah mengikuti jalur pendidikan dan pengalaman kerja Anda. Menggabungkan semuanya dengan poin-poin Anda akan membuat resume jadi berantakan dan seolah Anda mencoba menyembunyikan kesenjangan karier.

21. Format tanggal harus konsisten

Umumnya, jika saya hanya punya satu tahun, saya menulis setahun penuh. Jika saya memiliki bulan dan tahun, saya mempersingkat tahun karena resume mulai terlihat tersumbat.

Format yang baik untuk tahun: 2012

Format tahun yang buruk: ’12

Format yang baik untuk bulan dan tahun: Sep-12

Format bulan dan tahun buruk: September 2012 (memakan terlalu banyak ruang)

22. Tidak ada gambar

Kecuali jika disayaratkan sebelumnya, Anda tidak perlu memiliki foto diri Anda di resume/CV Anda.

Jika Anda melamar pekerjaan modeling maka portofolio gambar Anda mungkin diperlukan karena jelas merupakan fitur pekerjaan yang sangat diperlukan.

23. Aturan umum: informasi terbaru diutamakan

Utamakan pendidikan terbaru dan pengalaman kerja terbaru. Jadi, di bawah pendidikan, universitas didahulukan dan kemudian informasi sekolah menengah atau sekolah menengah atas. Di bawah pengalaman kerja, pengalaman kerja terbaru didahulukan.

24. Aturan relevansi: sebagian besar informasi yang relevan dengan pekerjaan didahulukan

Jika pengalaman kerja terbaru bukan yang paling relevan, tempatkan pengalaman kerja yang paling relevan terlebih dahulu.

25. Gunakan ejaan yang benar

Melamar pekerjaan di Inggris? Kemudian gunakan bahasa Inggris British. Melamar pekerjaan di AS? Kemudian gunakan bahasa Inggris Amerika.

Untuk melamar pekerjaan di dalam negeri, pastinya gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

By the way, ke Inggris itu CV; untuk orang Amerika itu resume.

26. Tolong jangan salah ketik dan Ketikan Lebih baik dari tulisan tangan

Ini pasti akan mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Jika saya merekrut dan saya melihat kesalahan ketik, saya mungkin akan membuang resume/CV itu ke tempat sampah kecuali ada fitur penukaran lainnya.

27. Jangan menggunakan bahasa teks, jargon, akronim, atau bahasa gaul

Ini adalah larangan besar.

Bahasa teks pada dasarnya salah ketik. Seharusnya tidak ditampilkan di mana pun di resume Anda.

Jargon akan mempersulit perekrut untuk memahami latar belakang Anda. Ingat, resume biasanya disaring oleh sumber daya manusia (SDM) sebelum diteruskan ke tim yang perlu direkrut. HRD mungkin tidak akrab dengan beberapa jargon.

Hal yang sama berlaku untuk akronim; kecuali jika mereka menerima akronim seperti USA, UK dll. akronim pada dasarnya adalah jargon. Anda harus mengeja akronim Anda terlebih dahulu (seperti HR pada kalimat sebelumnya) jika Anda ingin menggunakannya.

Bahasa gaul sama sekali tidak profesional, jangan gunakan bahasa gaul.

28. Gunakan judul deskriptif

Terutama jika Anda melamar sebagai karyawan yang berpengalaman, di bawah pendidikan dan pengalaman kerja, pastikan judul pekerjaan sangat spesifik dan mereka menjual Anda. Judul tertentu memungkinkan perekrut untuk memutuskan dengan sangat cepat apakah Anda memiliki kualifikasi dan pengalaman yang diperlukan untuk pekerjaan itu.

Judul buruk: Analis di Bank X

Judul bagus: Analis pada Tim Energi di Divisi Investment Banking di Bank X

29. Buat daftar semua posisi yang Anda pegang di satu perusahaan secara terpisah

Jika Anda sudah lama bekerja di satu perusahaan, kemungkinan jabatan dan/atau fungsi pekerjaan Anda telah berubah selama bertahun-tahun. Akan sangat membantu bagi calon pemberi kerja jika Anda dapat merinci garis waktu itu. Menyegmentasikan informasi memberi pemberi kerja wawasan yang berguna tentang sifat pengalaman Anda.

30. Kurang pengalaman kerja? Fokus pada keterampilan dan kualitas.

Ketika Anda baru memulai, Anda mungkin tidak memiliki pengalaman kerja. Namun, jika Anda punya waktu, dapatkan pengalaman kerja.

Bahkan pekerjaan yang tidak dibayar misalnya menjadi sukarelawan di toko amal atau di Olimpiade atau acara lainnya sangat bagus untuk dicantumkan di resume/CV Anda.

31. Jangan hanya mencantumkan kualitas

Tidak masalah jika Anda mengatakan bahwa Anda adalah pemain tim yang hebat atau memiliki keterampilan komunikasi atau kepemimpinan yang fantastis kecuali Anda dapat mendukungnya.

Jika Anda memiliki bagian “Keterampilan Kerja Tim”, berikan contoh saat Anda bekerja dalam tim, misalnya dalam olahraga. Jika Anda memiliki bagian “Keterampilan Organisasi”, berikan contoh saat Anda menyelenggarakan acara.

Selalu validasi keterampilan dan kualitas dengan contoh.

32. Sertakan Posisi Tanggung Jawab

Posisi tanggung jawab misalnya menjadi Wakil Kepala, Kepala Divisi atau Kapten mengungkapkan bahwa Anda memiliki pengalaman dalam menjadi pemimpin dan mengelola orang.

Memang, mereka mungkin juga mengungkapkan bahwa Anda populer dan menarik – lebih sering daripada tidak, untuk menjadi Kepala Sekolah, Kepala Sekolah, atau Kepala Asrama, atau seluruh siswa harus memilih Anda.

Jika Anda masih di sekolah atau universitas dan ada waktu, cobalah untuk mendapatkan posisi tanggung jawab di beberapa klub atau masyarakat.

33. Sertakan Prestasi

Prestasi mengungkapkan informasi yang sangat berbeda dengan Posisi Tanggung Jawab, hal ini menunjukkan Anda adalah penentu tujuan dan berprestasi baik dalam olahraga, seni atau akademisi.

Kemudian pada gilirannya menunjukkan bahwa Anda seorang pekerja keras, gigih, dan memiliki inisiatif. Mendapatkan penghargaan untuk sesuatu biasanya tidak mudah, membutuhkan sejumlah grit dan tekad.

34. Berhati-hatilah dalam memasukkan minat. Jangan memasukkan hobi.

Beberapa minat membuka Anda untuk dihakimi dengan kasar. Kecuali jika mereka menambah nilai Anda sebagai calon karyawan, Anda tidak perlu menambahkan hobi.

Kadang-kadang memasukkan hobi dapat menyampaikan wawasan yang berguna, misalnya, jika Anda melamar peran di mana banyak membaca akan diperlukan misalnya membaca dokumen hukum atau lainnya, kemudian menyebutkan bahwa Anda seorang pembaca yang produktif dan bahwa Anda dapat membaca sebuah buku setebal 300 halaman dalam satu sore sangat berharga.

35. Terlihat tegas, jangan menodai kartu loyalitas Anda

Pemberi kerja ingin mempekerjakan seseorang yang akan bekerja tidak untuk sementara waktu. Jika resume Anda menunjukkan bahwa Anda sering berganti pekerjaan secara teratur, ini akan merugikan Anda. Ini akan menunjukkan satu atau lebih hal berikut:

  • Kamu tidak setia
  • Anda ragu-ragu
  • Anda adalah pekerja yang berisiko
  • Secara keseluruhan, resume harus konsisten.

36. Berikan beberapa statistik

Angka-angka membantu untuk lebih mempercayakan Anda.

Jika Anda melamar posisi penjualan, tambahkan contoh target penjualan yang telah Anda capai atau capai.

Contoh:

Penjualan Valas Pasar Berkembang, Bank X

Meningkatkan pendapatan penjualan sebesar 20% di tahun pertama dan selanjutnya 15% di tahun kedua.

Adalah salah satu dari tiga orang penjualan teratas setiap tahun selama 5 tahun

Anda juga dapat memasukkan statistik yang menunjukkan peringkat Anda di sekolah atau di universitas.

37. Jangan sertakan alasan mengapa Anda meninggalkan pekerjaan lama Anda

Itu tidak perlu pada resume karena tidak menambah nilai mengapa Anda mungkin menjadi kandidat yang baik untuk pekerjaan itu.

Tentu saja, kemungkinan besar akan muncul dalam wawancara jadi pastikan Anda memiliki respons yang baik terhadap pertanyaan tersebut.

38. Jangan katakan hal negatif

Tidak ada ruang pada resume untuk keluhan atau kritik dari pemberi kerja sebelumnya. Jika Anda tidak menyukai pekerjaan atau aktivitas tertentu yang Anda ikuti, jangan katakan itu. Perekrut tidak suka pengeluh atau pembuat masalah.

39. Jangan berbohong, jangan melebih-lebihkan

Tim HRD akan mengetahui kapan Anda mulai bekerja jika Anda melebih-lebihkan sesuatu atau pemeriksaan latar belakang mungkin memunculkan inkonsistensi. Anda bisa kehilangan pekerjaan, atau berakhir di pengadilan jika sangat mengerikan. Itu tidak layak, jangan lakukan itu.

40. Memiliki resume yang berbeda untuk peran yang berbeda

Jika Anda melamar jenis pekerjaan yang sama persis di perusahaan yang berbeda maka resume yang sama sudah cukup. Namun, jika Anda membuat aplikasi berdasarkan spesifikasi pekerjaan yang berbeda, maka Anda perlu menyesuaikan resume Anda.

41. Sebelum Anda mengirimkannya, cocokkan resume Anda dengan spesifikasi pekerjaan

Lanjutan dari point 40. Pastikan resume Anda mencakup sebanyak mungkin tentang apa yang diminta perusahaan. Yang mengatakan, poin utama yang perlu diingat: Anda tidak perlu memiliki 100% dari apa yang telah diminta.

Statistik menunjukkan bahwa pria sering melamar pekerjaan bahkan ketika mereka hanya cocok sebagian dengan spesifikasi orang tersebut. Wanita biasanya hanya membuat aplikasi ketika mereka memiliki segalanya. Saya katakan, jadilah seorang pria!

42. Periksa dua kali kemudian minta bantuan orang lain untuk mengecek CV / Resume yang Sudah Anda Buat

Ini terkait dengan poin kesalahan ketik. Ketika Anda telah mengerjakan resume Anda untuk waktu yang lama, Anda mungkin gagal melihat inkonsistensi yang akan segera dilihat oleh sepasang mata baru.

Dapatkan penulis resume profesional untuk meninjau resume Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan wawancara kerja.

43. Kata kunci penting

Saat ini perekrut termasuk head hunter sering menggunakan database yang dapat dicari untuk menemukan kandidat. Hal ini juga berlaku di LinkedIn.

Ketika saya mencari seseorang, saya akan mengetik “Kepala Perekrutan Keragaman di Perusahaan X” atau “Pakar Pemasaran, New York” dll.

Pastikan resume Anda menggunakan kata kunci yang benar untuk pekerjaan yang Anda cari, sehingga Anda terlihat pada pencarian ini.

44. Sebutkan spesialis industri terkemuka yang pernah bekerja sama dengan Anda

Ini akan membantu membuat Anda kredensial. Spesialis terkemuka tidak membuang waktu mereka untuk bekerja dengan pekerja kecil. Memiliki akses dan bekerja dengan orang-orang sekaliber ini menambah kredibilitas profil Anda.

45. Tidak perlu referensi

Lebih umum bagi orang untuk hanya menulis “Referensi tersedia berdasarkan permintaan”. Beberapa orang berpikir ini gila karena itu menyatakan yang sudah jelas. Namun, saya akan mengatakan sertakan baris ini jika ada ruang. Itu tidak merugikanmu.

46. ​​Perbarui resume dan profil Anda secara teratur

Pastikan Anda memiliki resume/CV dan profil yang diperbarui sehingga Anda siap memanfaatkan peluang kerja berikutnya.

Kita hidup di dunia yang serba cepat; tawaran pekerjaan Anda berikutnya selalu ada di depan mata. Headhunter terus-menerus memindai profil orang untuk mengisi posisi baru.

Lewatlah sudah hari-hari ketika orang duduk di pekerjaan yang sama selama 30 sampai 40 tahun pada suatu waktu.

47. Cetak resume Anda pada printer berkualitas tinggi

Ini memastikan tampilannya menarik dan profesional.

48. Cetak resume Anda pada kertas bertekstur berkualitas tinggi

Hal ini menambah kesan profesionalisme. Karena sebagian besar kandidat akan menggunakan kertas putih biasa, Anda akan menonjol.

49. Email resume Anda dalam format PDF

PDF terlihat lebih bersih dan dapat dilihat dengan cara yang sama di komputer mana pun. Jika, misalnya, resume Anda ditulis dalam Microsoft Word, mengirimkannya dalam format itu berarti:

Semua tanda paragraf, dan tabel dll akan ditampilkan – itu tidak terlalu menarik.

Seorang perekrut yang menggunakan komputer Apple tanpa menginstal Microsoft Word akan mengatur ulang format – sekali lagi, ini tidak menarik.

Lebih baik juga siapkan satu website sebagai portofilio Anda , tidak mahal kok , satu domain .com dan hostingnya tidak lebih dari 500 ribu. Namun portofolio dan CV Anda ini akan dapat dilihat siapapun, selama 24 jam dan 7 hari kerja.

50. Pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan profesional

Terutama selama masa resesi, pengusaha dibanjiri resume untuk posisi yang tersedia. Mendapatkan seorang profesional untuk melihat resume Anda dan menandainya adalah investasi yang layak. Terlebih lagi, hal ini sangat berguna jika Anda baru di pasar kerja.

Mengirim resume Anda untuk banyak posisi dan tidak mendengar apa-apa? Dapatkan penulis resume profesional untuk memeriksa apakah resume / CV Anda bisa menjadi masalah.

Demikianlah tips menulis resume untuk pekerjaan keuangan yang dapat Anda jadikan batu pijakan saat membuat CV / Resume. perhatikan semua point diatas dan segera dapatkan posisi pekerjaan yang telah Anda bidik saat ini.

Salam sukses.