Sumber Resume Keamanan Siber

Catatan Editorial: Kami mendapatkan komisi dari tautan mitra di Penasihat Forbes. Komisi tidak mempengaruhi opini atau evaluasi editor kami.

Resume keamanan siber adalah salah satu cara terbaik bagi calon profesional untuk menggambarkan kemampuan dan pengalaman mereka kepada pemberi kerja. Baik Anda melamar pekerjaan keamanan siber tingkat pemula, atau Anda seorang profesional berpengalaman, resume yang kuat dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang tepat (dan gaji keamanan siber yang bagus).

Panduan ini menawarkan informasi tentang resume keamanan siber, termasuk tip pemformatan, komponen mana yang harus disertakan, dan cara menyusun portofolio.

Komponen Resume Keamanan Siber

Resume keamanan siber Anda harus mencakup beberapa komponen dalam format yang terorganisir dengan baik dan dapat dipindai. Gunakan font yang profesional dan mudah dibaca, dan bertujuan untuk memasukkan elemen-elemen berikut dalam resume keamanan siber Anda.

Tajuk

Sederhanakan dengan tajuk Anda—bagian ini biasanya hanya mencakup informasi kontak. Sertakan nama profesional, nomor telepon, dan alamat email pilihan Anda. Banyak pekerjaan teknologi tersedia dari jarak jauh, jadi pastikan untuk menyertakan alamat fisik Anda juga.

Header resume keamanan siber Anda juga dapat menyertakan tautan ke situs web profesional Anda dan halaman media sosial apa pun yang relevan, seperti LinkedIn. Jika tautan ini terlalu panjang atau berat, pertimbangkan untuk menggunakan situs pemendek tautan seperti TinyURL atau Bitly untuk format yang lebih personal dan estetis.

Tujuan atau Ringkasan

Ringkasan tertulis yang kuat atau pernyataan objektif dalam resume keamanan siber Anda harus menarik perhatian pemberi kerja, menunjukkan pencapaian Anda dan menetapkan mengapa Anda secara unik memenuhi syarat untuk peran tersebut. Pertahankan bagian ini menjadi beberapa kalimat—tidak apa-apa menggunakan fragmen agar tetap ringkas.

Individu dengan pengalaman, pendidikan, dan pencapaian yang luas biasanya menyertakan ringkasan sejarah profesional mereka, bersama dengan keterampilan atau kualifikasi unik untuk peran tersebut.

Contoh:

Analis keamanan informasi dengan pengalaman lima tahun dengan sertifikasi CySA+ dan CISSP mencari peran arsitek keamanan dengan Amazon. Mempelopori beberapa program keamanan siber tingkat tinggi dengan catatan kuat tentang peretasan etis dan pengalaman keamanan informasi.

Pernyataan objektif lebih umum di antara resume keamanan siber untuk peran tingkat pemula. Kandidat dengan pengalaman kurang profesional dapat menyatakan aspirasi karir mereka dan menunjukkan kualifikasi pendidikan mereka.

Contoh:

Lulusan Universitas Purdue baru-baru ini dengan gelar sarjana di bidang keamanan siber mencari posisi pemeriksa forensik digital dengan Cloudstrike. Menyelesaikan magang musim panas yang membayangi para profesional keamanan siber di Comcast.

Pengalaman profesional

Gunakan bagian resume keamanan siber Anda ini untuk menunjukkan sejarah Anda dalam profesi ini. Daftar setiap majikan, bersama dengan tanggal Anda bekerja untuk mereka. Anda juga harus menjelaskan tanggung jawab Anda di setiap pekerjaan dengan menggunakan beberapa poin-poin. Jika Anda melakukan tugas serupa dengan beberapa perusahaan, variasikan bahasa Anda dalam menjelaskan peran.

Jelaskan akronim apa pun di bagian ini—resume keamanan siber Anda kemungkinan akan melewati filter otomatis sebelum mencapai perekrut atau manajer perekrutan. Filter ini mungkin mencari istilah lengkap, bukan akronim.

Contoh:

Analis Keamanan Informasi
Departemen Pertahanan AS
November 2018 – sekarang

  • Menetapkan dan menjunjung tinggi praktik terbaik di seluruh perusahaan untuk keamanan informasi
  • Menulis dan mempresentasikan laporan tentang serangan siber kepada pemangku kepentingan teratas
  • Menilai kerusakan setelah pelanggaran data dan dilindungi dari serangan di masa mendatang

Pendidikan

Di bagian ini, buat daftar pendidikan formal apa pun yang telah Anda selesaikan. Lulusan perguruan tinggi baru-baru ini harus menyertakan IPK mereka dan pekerjaan kelas yang relevan secara spesifik, tetapi profesional mapan dapat menghilangkan detail ini. Pendaftar saat ini yang mendaftar untuk magang dapat mencatat tanggal kelulusan mereka di masa depan di resume mereka.

Contoh:

Universitas Drexel
Bachelor of Science di Cybersecurity, Juni 2021

Keterampilan

Perinci keterampilan keras dan lunak yang relevan yang dicari pengusaha dalam kandidat keamanan siber. Bertujuan untuk menjaga agar daftar berpoin ini tetap ringkas dan relevan—daftar keterampilan yang panjang dapat menghabiskan ruang berharga yang dapat Anda gunakan untuk menarik perhatian manajer perekrutan.

Contoh:

Keterampilan Keras

  • Analisis data
  • Keamanan awan
  • Enkripsi

Keterampilan Lunak

  • Penyelesaian masalah
  • Kolaborasi
  • Manajemen waktu

Kredensial

Peran keamanan siber biasanya tidak memerlukan sertifikasi untuk berfungsi, tetapi sertifikasi dapat menunjukkan keahlian Anda di bidang tertentu dan menunjukkan komitmen berkelanjutan terhadap keterampilan Anda. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, lihat panduan kami tentang sertifikasi keamanan siber untuk pemula. Dan jika Anda mencari opsi yang terjangkau, pertimbangkan untuk mengikuti pelatihan keamanan siber gratis.

Sertakan sertifikasi apa pun yang Anda peroleh di resume keamanan siber Anda dalam daftar berpoin. Pastikan untuk menyertakan judul sertifikasi yang dieja dan akronimnya, agar aman.

Demikian pula, pekerjaan keamanan siber dan pekerjaan kontrak dengan pemerintah federal mungkin memerlukan izin keamanan. Sertakan izin apa pun di antara kredensial Anda.

Contoh:

  • Profesional Keamanan Sistem Informasi Bersertifikat (CISSP)
  • Penguji Penetrasi CompTIA (PenTest+)
  • Manajer Keamanan Informasi Bersertifikat (CISM)
  • Izin Keamanan Personil

Mengoreksi Resume Keamanan Siber

Sepasang mata kedua (atau ketiga) hanya dapat membantu dalam proses penulisan resume. Sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan apa pun, mintalah seorang teman—sebaiknya yang tidak memiliki pengalaman teknis—untuk memberikan resume keamanan siber Anda sekali lagi. Ini karena perekrut untuk posisi keamanan siber mungkin tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang bidang keamanan siber.

Ketika teman atau kolega tepercaya meninjau resume Anda, mereka dapat menunjukkan frasa yang membingungkan dan menawarkan perspektif orang luar tentang tulisan Anda. Meskipun Anda mungkin merasa tergoda untuk mengirimkan aplikasi Anda segera setelah menyempurnakan resume Anda, mengambil langkah ini dapat membuat perbedaan besar.

Merancang Portofolio Keamanan Siber

Portofolio memungkinkan pencari kerja untuk memamerkan koleksi pekerjaan profesional mereka di ruang yang terorganisir dengan baik. Profesional yang berpengalaman dapat dengan mudah mengumpulkan pengalaman kerja sebelumnya untuk portofolio mereka. Lulusan baru dan mereka yang baru memulai karir mereka di bidang keamanan siber dapat menyertakan pekerjaan relevan apa pun yang diselesaikan selama pengalaman batu penjuru atau magang.

Apa yang Harus Dimasukkan Portofolio Anda?

Portofolio Anda harus mencakup ringkasan proyek dan pekerjaan teladan dari karir profesional Anda. Bersamaan dengan penjelasan tertulis tentang proyek keamanan siber yang relevan, atur informasi dengan visual seperti bagan dan grafik untuk memberikan wawasan tentang hasil positif apa pun yang Anda kembangkan.

Seperti resume keamanan siber Anda, Anda juga dapat menggunakan portofolio Anda untuk menunjukkan sertifikasi apa pun yang telah Anda peroleh. Di sini, penting untuk menentukan bagaimana sertifikasi Anda telah membantu karir Anda sejauh ini. Melihat ke masa depan, portofolio Anda dapat mencakup pengalaman pengembangan profesional apa pun juga.

Mengapa Anda Membutuhkan Portofolio?

Profesional keamanan siber membutuhkan portofolio untuk memberi calon pemberi kerja rasa keterampilan dan prestasi yang mereka tunjukkan. Daftar proyek pada resume dapat memberikan gambaran singkat tentang karir kandidat, tetapi portofolio menggali secara spesifik.

Sumber Daya Resume Keamanan Siber

Pencari kerja dan lulusan baru dapat menggunakan beberapa sumber daya untuk menulis atau meningkatkan resume keamanan siber mereka. Situs berikut menawarkan tip tentang pemformatan, estetika, dan cara menonjol dari pesaing.

Kickresume

Kickresume menawarkan layanan bermanfaat untuk menulis resume dan surat lamaran. Pengguna dapat melihat template, panduan, dan melanjutkan pembuatan aplikasi di platform web dan seluler. Kickresume juga menampilkan penulis resume AI—pengguna memasukkan informasi karir dan pendidikan mereka, dan alat ini menghasilkan resume lengkap.

Kickresume juga menampilkan saran resume untuk karir tertentu. Pencari kerja dapat menggunakan panduan ini untuk menyesuaikan resume mereka dengan peran profesional prospektif mereka.

tata bahasa

Grammarly adalah alat pengeditan yang dapat meningkatkan tulisan Anda lebih dari sekadar tata bahasa dan ejaan. Tingkat gratis perangkat lunak ini mendeteksi kesalahan tata bahasa dan memberikan saran untuk penyingkatan. Tingkat berbayar menawarkan perubahan pilihan kata dan penulisan ulang kalimat penuh.

Situs ini adalah kunci dalam proses proofreading saat menulis resume keamanan siber Anda. Grammarly memastikan bahwa tulisan Anda cocok dengan nada formal yang benar. Ini juga menghilangkan masalah apa pun yang berkaitan dengan tata bahasa, sintaksis, dan tanda baca. Lagi pula, majikan mungkin berpikir dua kali untuk menghubungi Anda jika Anda mengaku memperhatikan detail tetapi membuat kesalahan dalam resume Anda.

resume.io

Pembuat Resume.io mempelajari apa yang membuat resume pemenang pekerjaan berhasil, dan mereka menerapkan temuan mereka ke aplikasi pembuatan resume ini. Profesional keamanan siber dapat menggunakan Resume.io untuk menjelajahi contoh resume dan surat lamaran yang sukses, bersama dengan sumber daya karir seperti persiapan wawancara.

Resume.io menampilkan panduan penulisan resume khusus untuk pekerjaan keamanan siber. Individu bisa mendapatkan tip tentang nada, tata letak, dan desain untuk menonjol dari kompetisi dan mendapatkan wawancara.

www.forbes.com