Pertemuan Berbagi Duka akan dilanjutkan minggu depan di Stuttgart

Dukacita Berbagi, kelompok dukungan untuk orang-orang yang berduka karena kehilangan anggota keluarga atau teman, mulai Rabu, 14 September, pukul 6 sore di Southside Baptist di Stuttgart. Pemimpin kelompok Marian Dickson Ruffin mengatakan pertemuan kelompok pendukung terbuka untuk siapa saja, terlepas dari keyakinan agama mereka.

“Di Grief Share, orang-orang datang dari semua lapisan masyarakat dan berbagai pengalaman,” kata Ruffin. “Itu sangat membantu orang-orang karena kesedihan itu normal, alami, dan itu perlu. Orang-orang berduka secara berbeda, dan kami menyadarinya saat kami bertemu bersama.”

Kelompok ini akan bertemu setiap hari Rabu selama 13 minggu. Peserta Berbagi Duka menonton video, berbagi makanan gratis, dan berdiskusi. Southside Baptist Church menyediakan penitipan anak jika diminta terlebih dahulu. Ruffin mengatakan video yang ditonton anggota kelompok sangat membantu untuk mengatasi kesedihan.

“Video-video itu dibuat oleh para ahli pemulihan kesedihan. Ada skenario tentang orang-orang seperti kita yang pernah mengalami trauma, kematian, atau kehilangan,” kata Ruffin. “Saya pikir orang-orang mulai mengidentifikasi dengan hal-hal yang dibicarakan dalam video, dan beberapa di antaranya sangat praktis.”

Selain itu, Ruffin akan memberikan setiap peserta sebuah buku yang sesuai dengan video.

“Ada beberapa renungan harian yang akan menemani mereka melewati kesedihan mereka,” kata Ruffin.

Siapa pun yang menghadiri Berbagi Duka tidak harus berbicara selama diskusi kecuali mereka memilih untuk melakukannya. Ruffin mengatakan tidak ada harapan yang ditempatkan pada peserta.

“Banyak penyembuhan terjadi karena mereka dapat mulai membuka diri dan mendiskusikan perasaan mereka. Jika mereka merasa tidak bisa berbicara, mereka tidak perlu melakukannya,” kata Ruffin. “Saya hanya ingin orang tahu bahwa kami berusaha membantu mereka merasa nyaman. Kami tahu bahwa mereka telah melalui masa yang sangat menyedihkan dan traumatis. Kami tidak ingin mereka merasa tidak nyaman.”

Peserta diminta untuk memberikan biaya pendaftaran $20, tetapi Ruffin mengatakan bahwa biaya tersebut opsional.

“Ini $20. Itulah yang kami bayar untuk buku-buku itu. Itu saja yang kami minta untuk seluruh kursus. Ada beasiswa jika orang merasa tidak mampu membayar untuk itu. Kami hanya ingin mereka datang dan mendapat manfaat dari kursus ini,” kata Ruffin.

Ruffin telah memimpin Berbagi Duka di Southside Baptist Church selama 19 tahun.

“Ini adalah program yang sangat baik. Saya tidak berpikir saya pernah memiliki orang yang melewatinya dan mengatakan itu tidak membantu mereka, ”kata Ruffin.

Peserta yang telah mengikuti kelompok sebelumnya diundang untuk mengikuti kursus lagi.

“Saya ingin mengatakan bahwa kesedihan membutuhkan waktu yang lama tergantung pada jenis hubungan yang mereka miliki dan bagaimana hal itu terjadi. Beberapa orang datang melalui beberapa kali. Saya pikir kedua kalinya sangat membantu karena orang-orang berada pada titik yang berbeda dalam kesedihan mereka, ”kata Ruffin.

Pendaftaran diminta. Untuk mendaftar, peserta dapat menghubungi Southside Baptist Church di 870-673-2103.

“Biasanya ada orang di sana Senin sampai Kamis. Jika tidak ada orang di sana, mereka dapat meninggalkan pesan di telepon dan menyebutkan nama mereka dan bahwa mereka tertarik. Sekretaris akan dengan senang hati menelepon mereka kembali, atau dia akan memberikan nomor saya dan saya akan berbicara dengan mereka,” kata Ruffin.

Gereja Baptis Southside terletak di 402 E. 19th St di Stuttgart.

www.stuttgartdailyleader.com