Apakah ada yang namanya terlalu kreatif di resume Anda?

Sam sayang: Saya mengubah resume saya untuk memberinya lebih banyak kepribadian — dan menerima beberapa saran yang bertentangan dari teman dan keluarga — jadi saya tidak tahu apakah saya telah melangkah terlalu jauh dengan desain resume saya. Apakah saya memberinya terlalu banyak karakter? Apakah ini resume yang akan menonjol di tengah orang banyak dengan cara yang baik? Untuk latar belakang, saya memiliki gelar dalam komunikasi dan empat tahun pengalaman kerja di luar lapangan. Saya mencoba masuk dengan tim pemasaran atau komunikasi. – Sadie

Sadi yang terhormat: Saya suka cara unik Anda mempresentasikan pencalonan Anda! Saya menghargai kreativitas dan kesediaan Anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Sebelum saya melanjutkan, saya akan mengatakan bahwa Anda akan selalu mendapatkan saran dan pendapat yang kontradiktif ketika Anda melakukan polling kepada audiens yang bukan ahli tentang resume. Begitu banyak orang memberikan pendapat yang tidak berakar pada praktik terbaik saat ini. Bahkan mengejutkan berapa banyak perekrut yang masih memberikan templat resume kepada klien mereka dari 20 tahun yang lalu sebagai contoh representatif dari seperti apa seharusnya resume itu. Saya sangat yakin bahwa Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda dan unik untuk menonjol ketika memasarkan pencalonan Anda, terutama untuk melibatkan orang-orang yang kewalahan dengan jumlah resume yang memenuhi meja mereka. Jadi, kuatkan keyakinan Anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Selama Anda merasa desain resume Anda dan konten yang disertakan disesuaikan dengan target audiens Anda, saya akan berhenti meminta saran orang lain dan mengikuti insting Anda.

Karena itu, sementara saya yakin desain resume Anda akan menarik perhatian, saya khawatir manajer perekrutan tidak akan tahu apa yang Anda inginkan dan siapa Anda.

Bagian kunci yang Anda lewatkan dari resume Anda yang dirancang dengan baik adalah pernyataan posisi. Anda tidak memiliki ringkasan kualifikasi, sehingga peninjau akan dipaksa untuk mengevaluasi Anda seperti sebelumnya. Maksud saya, pembaca hanya akan memiliki informasi untuk meyakini bahwa Anda memposisikan diri Anda sebagai asisten manajemen properti, karena begitulah cara membuka resume Anda berdasarkan posisi Anda saat ini. Inilah yang tidak Anda inginkan. Untuk menghindari asumsi yang tidak menguntungkan itu, Anda harus memposisikan pencalonan Anda.

Mengingat bidang studi Anda adalah komunikasi, saya membayangkan Anda tahu sedikit tentang pemasaran, pengiriman pesan, dan informasi posisi pada halaman untuk menarik pembaca dan memprioritaskan pemindaian mereka. Manfaatkan pengetahuan ini ketika Anda mempresentasikan nilai pencalonan Anda untuk peran komunikasi. Buat ringkasan yang mempromosikan kemampuan transfer pengalaman profesional dan pra-kelulusan Anda, dikombinasikan dengan kekuatan program akademik dan program studi Anda.

Meskipun saya tahu Anda menyatakan bahwa Anda tidak memiliki pengalaman di bidang komunikasi, saya yakin ada beberapa keterampilan yang dapat dialihkan yang telah Anda kembangkan selama empat tahun sebagai asisten manajemen properti. Pikirkan di luar deskripsi pekerjaan Anda untuk menghubungkan titik-titik antara di mana Anda pernah berada dan ke mana Anda ingin pergi. Baca banyak posting pekerjaan untuk posisi yang ditargetkan dan mulailah membuat catatan tentang fungsi serupa yang telah Anda lakukan. Anda mungkin harus berpikir sedikit lebih kreatif dan memperluas pola pikir Anda melampaui deskripsi pekerjaan standar dari empat tahun terakhir untuk menunjukkan bahwa meskipun Anda tidak berada di bidang komunikasi, Anda telah memperoleh pengalaman yang bermanfaat.

Saya yakin bahwa Anda akan sangat sukses ketika Anda memiliki sedikit lebih banyak perhatian pada konten dan pesan, ditambah dengan desain Anda yang indah.

Samantha Nolan adalah Ahli Strategi dan Pakar Karir Personal Branding Tingkat Lanjut, pendiri dan CEO Nolan Branding. Apakah Anda memiliki resume, karir, atau pertanyaan pencarian pekerjaan untuk Dear Sam? Jangkau Samantha di [email protected]. Untuk informasi tentang layanan Nolan Branding, kunjungi www.nolanbranding.com atau hubungi 888-9-MY-BRAND atau 614-570-3442.

www.pennlive.com