9 Cara Mahasiswa Dapat Membuat Resume Mereka Menonjol

Apakah Anda tahu bahwa perekrut menghabiskan hanya tujuh detik melihat resume, rata-rata? Ini berarti milik Anda benar-benar harus menonjol!

Dari memilih kata kunci yang tepat hingga menghindari detail yang tidak perlu, membuat resume yang akan memukau perekrut dalam waktu yang singkat bukanlah hal yang mudah.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana membuat resume yang membedakan Anda dari ratusan (atau terkadang ribuan) pelamar lain — Anda telah datang ke tempat yang tepat. Kami telah mengumpulkan sembilan cara efektif untuk membuat resume Anda bersinar!

1. Kustomisasi Adalah Kunci Saat Melanjutkan

Menyesuaikan resume Anda untuk setiap peran spesifik yang Anda lamar adalah cara terbaik untuk meyakinkan manajer perekrutan bahwa Anda memiliki semua yang mereka butuhkan!

Baca deskripsi pekerjaan dan lihat bagaimana Anda bisa sesuaikan resume Anda untuk menunjukkan keterampilan dan kualifikasi yang tepat majikan inginkan dalam kandidat yang tepat. Kegagalan untuk melakukannya dapat membuat perekrut melewatkan resume Anda demi pelamar lain.

Ini mungkin terdengar seperti banyak pekerjaan, tetapi memastikan resume Anda disesuaikan dengan setiap lowongan dapat menghemat banyak waktu Anda untuk mencari pekerjaan. Foto: senivpetro/Freepik

Anda bahkan bisa melangkah lebih jauh dengan menuju ke situs web perusahaan untuk merasakan organisasi.

Catat jenis proyek apa yang mereka kerjakan, apakah mereka mendukung kegiatan amal, dan cari cara lain di mana Anda mungkin cocok untuk mereka dan masukkan poin-poin itu ke dalam resume Anda.

Tip: Simpan beberapa salinan resume Anda yang dapat Anda ubah tergantung pada peran yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda tertarik untuk bekerja dalam pemasaran dan komunikasi, Anda dapat memiliki satu resume khusus untuk peran PR, satu khusus untuk kampanye PPC, dan satu resume yang hanya untuk pemasaran konten.

2. Masukkan Kata Kunci yang Tepat

Apakah Anda tahu bahwa 55 persen perekrut menggunakan sistem pelacakan pelamar (ATS) untuk memindai resume?

ATS menyaring informasi Anda dan membaca kata kunci untuk menentukan apakah Anda cocok untuk perusahaan.

foto-wanita-di-wawancara-pekerjaan-dengan-resume
Menggunakan kata kunci yang tepat dalam resume Anda meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan wawancara. Gambar: Freepik

Ini berarti bahwa bahkan jika Anda memiliki semua keterampilan dan pengalaman yang relevan, Anda mungkin tidak mendapatkan pekerjaan kecuali resume Anda memiliki terminologi yang benar.

Ingin memindahkan resume Anda ke urutan teratas untuk mempekerjakan manajer? Inilah yang dapat Anda lakukan!

  • Tinjau deskripsi pekerjaan untuk peran yang Anda tuju serta posisi serupa lainnya.
  • Perhatikan kata atau frasa umum.
  • Tambahkan kata kunci ini ke resume Anda melalui sub-judul yang berbeda (misalnya pendidikan, keterampilan, pengalaman kerja) dan konten untuk meningkatkan peluang resume Anda mendapatkan tanda persetujuan dari sistem pelacakan perangkat lunak.

Tip: Ada garis tipis antara menggunakan kata kunci secara strategis dan mengisi resume Anda dengan kata kunci tersebut. Jangan berlebihan!

3. Hitung Prestasi Anda

Adalah satu hal untuk mengatakan bahwa Anda cocok untuk suatu pekerjaan dan hal lainnya untuk tunjukkan kemampuan Anda melalui contoh terukur di resume Anda.

Dengan mengilustrasikan hasil, dampak, atau hasil nyata, Anda dapat membuat klaim pada resume lebih kredibel. Memberikan angka juga menyajikan kinerja bottom-line dan menunjukkan bahwa Anda berorientasi pada hasil. Karena itu, sedapat mungkin, biarkan angka menceritakan kisahnya.

Wanita Asia menggigit pensil sambil melihat laptop
Jangan hanya memberi tahu, tunjukkan! Sorot pencapaian Anda dengan menambahkan angka dan metrik ke resume Anda. Foto: JESHOOTS.COM/Unsplash

Belajar bahasa baru? Tentukan tingkat keahlian Anda (pemula, perantara, mahir). Sukarela untuk bank makanan lokal? Sebutkan berapa banyak makanan yang Anda siapkan atau kirimkan untuk memberikan gambaran tentang apa yang Anda capai selama menjalankan tugas.

Alih-alih menulis bahwa Anda “meningkatkan keterampilan penjualan secara signifikan” di pekerjaan musim panas Anda, beri tahu perekrut bahwa Anda “mengawasi pertumbuhan 20 persen dalam akuisisi klien” untuk menyoroti dengan tepat seberapa efektif kontribusi Anda.

Tip: Saat menyebutkan angka, jangan lupa sertakan bagaimana Anda mendapatkan hasilnya. Misalnya, tingkat “menengah” dalam bahasa Jerman mungkin terdengar tidak jelas kecuali jika Anda menyoroti bahwa Anda mengambil penilaian akhir kursus untuk mencapai tingkat Anda saat ini.

BACA SELENGKAPNYA: Inilah Keterampilan yang Anda Butuhkan untuk Mendapatkan Pekerjaan Setelah Kuliah

4. Tulis Tujuan yang Menarik

Tujuan resume adalah pernyataan singkat (biasanya dua atau tiga baris) tentang tujuan karir Anda di bagian atas file Anda.

Mencari pekerjaan pertama Anda setelah lulus? Tujuan yang menarik memberi tahu calon pemberi kerja tentang keterampilan dan kemampuan Anda bahkan ketika Anda tidak memiliki pengalaman yang diperlukan di bidang itu.

Wanita yang bekerja di luar ruangan di laptopnya
Tujuan yang ditulis dengan baik menentukan nada resume Anda sejak awal. Foto: Anete Lūsiņa/Unsplash

Faktanya, tujuan resume yang ideal bukan hanya tentang menyoroti aspirasi Anda. Ini juga cara cerdas untuk beri tahu majikan apa yang Anda bawa ke meja dan bagaimana pengalaman Anda dapat menambah nilai bagi perusahaan.

5. Buat Resume Anda Ringkas dan Tidak Berantakan

Ketika datang ke resume Anda, majikan tidak membutuhkan seluruh kisah hidup Anda — mereka hanya menginginkan informasi yang paling relevan untuk memutuskan apakah Anda orang yang tepat untuk pekerjaan yang ditawarkan.

Ini berarti sangat penting untuk memiliki resume yang jelas dan ringkas yang menyoroti pencapaian Anda dengan sempurna.

Siswa multietnis bekerja sama
Potong kekacauan untuk melewati langkah pertama dari proses penyaringan resume. Foto: Charlotte May/Pexels

Berikut adalah tips kami untuk memotong kekacauan:

  • Tunjukkan poin penjualan utama Anda di awal. Jika gelar ilmu data penting di bidang Anda, itu tidak boleh dikubur di akhir resume tiga halaman.
  • Fokus pada pencapaian Anda alih-alih deskripsi pekerjaan. Jika poin-poin dapat diekstrapolasi ke resume orang lain, itu adalah deskripsi pekerjaan, bukan pencapaian tertentu.
  • Hindari informasi yang tidak relevan atau ketinggalan zaman. Ingin memasukkan pengalaman pengiriman pizza Anda dalam lamaran pekerjaan Anda sebagai analis riset? Gunakan mata editor untuk memutuskan apakah Anda mempertahankan masa lalu Anda karena alasan emosional.

6. Buat Resume Anda Mudah Dipindai

Resume Anda harus mudah dibaca dan diformat agar terlihat modern dan profesional.

Bahkan jika Anda adalah Picasso berikutnya, resume bukanlah tempat terbaik untuk menunjukkan keahlian desain Anda (simpan ini untuk portofolio Anda).

foto-fokus-perempuan-tulisan-resume-setelah-perguruan tinggi
Resume yang dirancang dengan baik mencerminkan secara positif keterampilan dan pencapaian Anda. Foto: Freepik

Terlalu banyak font atau warna dapat menambah noise tambahan dan tidak menyenangkan bagi manajer perekrutan.

Sebaliknya, resume sederhana membantu pencapaian Anda menonjol dan memudahkan perekrut untuk menemukan informasi penting secara sekilas.

Anda juga dapat memecah informasi dalam bentuk subjudul pendek seukuran gigitan. Gunakan subjudul untuk pelatihan, keterampilan, atau proyek khusus tempat Anda terlibatmenggunakan poin-poin untuk menekankan hasil atau pencapaian.

7. Gunakan Pembuat Resume

Pembuat resume adalah alat online yang menghasilkan resume dengan informasi yang Anda berikan dalam template pilihan Anda.

Menggunakan pembuat resume membantu menghemat waktu yang akan Anda habiskan untuk memformat dokumen Word atau file lain untuk membuat resume yang terlihat profesional.

Wanita bahagia dengan laptopnya
Tidak ada pengalaman sebelumnya dalam menulis resume? Pembuat resume dapat membantu Anda. Foto: senivpetro/Freepik

Menebar jaring yang lebih luas? Dengan templat resume, Anda dapat menyesuaikan setiap lamaran pekerjaan lebih cepat dan tingkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan dalam batas waktu yang Anda antisipasi.

Dalam dunia yang sangat kompetitif, membuat kesan pertama yang baik adalah salah satu hal terpenting.

Membangun resume sendiri bisa sangat melelahkan, terutama ketika Anda memikirkan semua informasi yang perlu Anda sertakan, tapi template resume membantu Anda mengatur informasi Anda dengan cara yang unik dan tepat.

Tiga pembuat resume teratas kami (gratis!)

1. Lanjutkan Jenius memiliki banyak koleksi templat resume profesional yang bervariasi dari “Taj Mahal” hingga “Klasik.” Pengguna dapat mengakses bagian isian yang mudah untuk membuat resume yang komprehensif dalam waktu singkat.

2. resume.io adalah pembuat resume favorit kami untuk menyesuaikan resume untuk pekerjaan tertentu. Platform ini juga memiliki pemeriksa tata bahasa bawaan untuk memastikan Anda memberikan resume terbaik dan bebas kesalahan.

3. Jobcan sangat bagus jika Anda ingin memastikan resume Anda lulus ujian Sistem Pelacakan Pemohon (ATS). Pembuat resume up-to-date dengan tren ATS dan memberi Anda tip khusus ATS untuk membuat resume Anda diperhatikan.

8. Koreksi (Dan Koreksi Lagi!)

Terburu-buru untuk menjadi pelamar awal, Anda mungkin tergoda untuk mengirimkan resume Anda tanpa pemeriksaan akhir.

Meskipun mungkin tampak seperti latihan yang memakan waktu, proofreading dapat berarti perbedaan antara mendapatkan wawancara dan ditolak.

Perekrut mewawancarai seorang kandidat
Hindari kesalahan berlama-lama atau inkonsistensi penulisan dengan mengoreksi resume Anda. Foto: mangpor2004/Freepik

Preposisi yang benar, koma Oxford, dan ejaan yang sempurna semuanya dapat menunjukkan kepada Anda secara positif. Baca resume Anda secara perlahan dari awal hingga akhir hingga periksa kesalahan ejaan atau tata bahasa.

Anda juga bisa jalankan melalui salah satu aplikasi pemeriksa ejaan yang tersedia atau mintalah seorang teman untuk memeriksa kesalahannya untuk memastikan dua kali lipat.

BACA SELENGKAPNYA: 17 Aplikasi Belajar yang Harus Dimiliki Setiap Mahasiswa

9. Tetap pada Format Satu Halaman

Sebuah survei oleh Saddleback College mengungkapkan bahwa 48 persen manajer perekrutan lebih memilih resume satu halaman untuk posisi entry-level — alasan lain mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk tetap berpegang pada dasar-dasar dan membuat resume Anda singkat!

Karena perusahaan sering menerima ratusan lamaran untuk posisi terbuka, mereka lebih memilih kandidat yang menunjukkan kepada mereka hasil nyata tanpa menggunakan banyak waktu mereka.

foto-satu-halaman-resume-dipegang-oleh-perekrut
Jika ragu, rapikan resume Anda sedikit lebih banyak untuk meningkatkan keterbacaan. Foto: Freepik

Ini berarti jika Anda hanya memiliki satu halaman untuk ditulis, Anda harus menuliskan informasi yang paling penting dan banyak akal tentang diri Anda.

Resume satu halaman yang bersih, diformat dengan baik, juga menunjukkan bahwa Anda teratur dan dapat merangkum semua keterampilan dan pencapaian Anda dalam batas satu halaman.

Dengan cara ini, pencapaian Anda mudah terlihat, dan Anda tidak akan mengisi resume Anda dengan informasi yang tidak relevan.


Sekarang Anda memiliki resume yang mengesankan, periksa beberapa langkah terakhir ini untuk mendapatkan wawancara kerja yang didambakan:

  • Periksa akun media sosial Anda. Banyak perekrut bersusah payah mencari di luar resume Anda, jadi Anda harus menghapus posting yang canggung atau memberatkan di Facebook, Instagram, Twitter, atau TikTok.
  • Tambahkan surat lamaran bersama dengan resume Anda untuk menyatakan bahwa Anda antusias dan tertarik untuk menjadi bagian dari perusahaan. Ini adalah kesempatan lain untuk menjelaskan mengapa Anda sempurna untuk peran itu!
  • Personalisasi nama file resume Anda sebelum Anda mengirimkannya. Kelihatannya sepele, perusahaan menerima ratusan lamaran untuk setiap lowongan pekerjaan, dan manajer perekrutan mungkin kehilangan file Anda jika Anda memberi label sebagai “Resume.docx.” Pertimbangkan untuk menambahkan nama depan dan belakang Anda untuk membedakan diri Anda dari orang lain. Misalnya, “RyanSmith_Resume.docx.”

Mencari pekerjaan bisa jadi membosankan dan membuat frustrasi karena sebagian besar perusahaan memiliki ratusan lamaran yang membanjiri kotak masuk mereka.

Jangan takut! Resume yang mengesankan dapat membantu Anda menonjol dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

thecollegepost.com