6 Cara Membuat Resume Senior Perguruan Tinggi yang Menonjol

Anda seorang mahasiswa senior dan ingin memulai karir Anda. Selamat! Ini adalah waktu yang tepat untuk bersiap-siap untuk langkah berikutnya dengan memastikan resume Anda siap untuk prime time.

Banyak siswa tidak terlalu memikirkan resume mereka karena mereka berpikir bahwa itu tidak masalah sampai mereka melamar pekerjaan setelah lulus, tetapi memulai berburu pekerjaan sekarang dapat menguntungkan Anda di kemudian hari.

Ini mungkin bukan pilihan yang bijaksana untuk melamar dulu. Namun, Anda harus mengambil beberapa langkah sekarang saat masih di sekolah untuk mendapatkan keuntungan dari kandidat pekerjaan lainnya. Dengan demikian, Anda mungkin mendapatkan pekerjaan segera setelah Anda turun dari tahap kelulusan.

Lihat Contoh Resume

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan resume Anda selama tahun senior Anda adalah melihat contoh resume profesional. Melakukan hal ini memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana membuat model resume Anda. Pastikan untuk melihat contoh khusus untuk sektor pekerjaan Anda untuk mengetahui pengalaman dan keterampilan apa yang relevan untuk dicantumkan.

Menggunakan template resume juga akan membantu Anda menguraikan resume Anda seperti seorang profesional. Dengan menggunakan contoh dan template, resume Anda akan muncul seolah-olah Anda telah bekerja selama bertahun-tahun. Dengan alat ini, Anda akan memiliki lamaran pekerjaan yang akan dibanggakan oleh karyawan senior.

Sorot Pendidikan Anda

Pendidikan Anda adalah cara paling jelas untuk menonjol di resume senior perguruan tinggi. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk ditambahkan:

  • IPK: Jika Anda memiliki nilai yang sangat baik, kemungkinan besar Anda akan lebih sukses di perguruan tinggi atau kehidupan pasca-perguruan tinggi daripada seseorang yang tidak.
  • Kursus yang Relevan: Anda harus menyoroti kursus yang telah Anda ambil yang berkaitan dengan posisi pekerjaan.
  • Proyek yang layak mendapat penghargaan: Jika Anda telah menyelesaikan proyek yang diakui oleh perguruan tinggi atau universitas Anda, soroti proyek tersebut di resume Anda.

Mempekerjakan manajer selalu senang melihat pengalaman kerja yang nyata. Namun, jika Anda memiliki banyak kesuksesan di perguruan tinggi, mereka akan memberi Anda banyak pertimbangan juga.

Sebutkan Magang Terkait

Saat Anda menyebutkan magang dan pekerjaan yang telah Anda selesaikan, jelaskan mengapa itu relevan dengan jalur karir yang Anda inginkan. Sebagai contoh:

  • Bayangan pekerjaan yang relevan: Ini menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda bersedia untuk belajar.
  • Pekerjaan sukarela yang relevan: Ini menunjukkan kepada atasan bahwa Anda memiliki empati terhadap orang lain. Banyak manajer perekrutan menghargai sifat ini dalam diri seorang karyawan.
  • Magang (dibayar atau tidak): Magang hanyalah pelatihan, tetapi sangat berarti. Jika Anda telah melakukan magang, Anda memiliki beberapa pengalaman kerja untuk melengkapi penghargaan kuliah Anda.

Magang dan kerja sukarela sangat berharga, bahkan jika kandidat lain memiliki lebih banyak pengalaman. Mereka juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan surat rekomendasi dari orang yang bertanggung jawab. Jika Anda belum pernah magang atau kerja sukarela, sebaiknya Anda melakukannya sebelum lulus.

Berikan Contoh Keterampilan Kepemimpinan Anda

Resume Anda seharusnya tidak hanya menjadi daftar keterampilan keras dan lunak Anda. Itu harus menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pemimpin yang telah mencapai banyak hal, jadi tidak cukup hanya mengatakan “tim yang dipimpin” atau “dipimpin komite.” Sebagai senior perguruan tinggi Anda mungkin merasa Anda belum membuktikan diri. Namun, adalah mungkin untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan kepemimpinan, jika Anda termasuk yang berikut ini:

  • Keterampilan kepemimpinan khusus. Jika Anda melamar posisi di perusahaan yang melakukan riset pasar, termasuk seberapa baik Anda mengetahui bidangnya dan mengapa Anda tertarik bekerja di sana.
  • Posisi atau kegiatan kepemimpinan: Ini bisa saja diadakan di sekolah dan/atau di luar sekolah (seperti menjadi sukarelawan). Misalnya: “Menjabat sebagai presiden dewan filantropi mahasiswi saya dan memimpin kami dalam upaya penggalangan dana.”

Informasi ini harus mutakhir sebelum Anda mengirimkannya ke perusahaan. Jika memungkinkan, perbarui setiap satu atau dua minggu saat beredar dengan pemberi kerja, sehingga mereka dapat melihat semua pengalaman kerja terbaru yang tercantum dalam satu dokumen.

Gunakan Kata-Kata yang Relevan dengan Posisi Pekerjaan Anda

Anda mungkin berpikir hal yang paling penting adalah mendapatkan pengalaman dan keterampilan Anda di atas kertas. Beberapa orang tidak menyadari bahwa ada juga kata-kata di resume yang dapat merusak peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Sekali lagi, kita berbicara tentang kata kunci—kata dan frasa spesifik yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan. Jika Anda tidak menggunakan kata-kata spesifik ini saat menulis resume Anda, Anda akan secara signifikan menurunkan peluang Anda untuk mendapatkan perhatian dari majikan yang mencari seseorang seperti Anda.

Pastikan kata kunci tersebut diperhatikan oleh pemberi kerja di semua tingkat senioritas (dari tingkat pemula hingga eksekutif).

Pelajari tentang peran kunci dalam setiap industri dan jenis posisi (yaitu, asisten Akuntansi versus manajer merek). Ini akan membantu mengasah peran mana yang paling sesuai dengan tempat Anda ingin bekerja.

Menyertakan kata-kata yang tidak ada hubungannya dengan lowongan akan merusak peluang Anda secara keseluruhan.

Pastikan Untuk Mengoreksi

Sebelum Anda mengirim resume Anda, penting untuk memastikan bahwa itu bebas dari kesalahan. Berikut caranya:

  • Tinjau dokumen.
  • Dapatkan pendapat kedua.

Baca resume Anda dengan cermat, cari kesalahan dan kesalahan ketik. Jika Anda menemukannya, segera perbaiki; jika tidak, mereka mungkin ditandai oleh perwakilan SDM atau manajer perekrutan sebagai bukti bahwa Anda tidak cukup berorientasi pada detail untuk pekerjaan itu.

Mintalah orang lain untuk mengoreksi resume Anda juga. Pastikan Anda meminta seseorang untuk memberi Anda pendapat yang jujur ​​dan mengetahui bagaimana tampilan resume.

Jika Anda menemukan kesalahan, perbaiki sebelum Anda menyerahkan dokumen Anda ke perusahaan.

Memastikan bahwa resume Anda siap ketika saatnya menunjukkan persiapan yang baik di pihak Anda. Bagi mahasiswa, mungkin masih terasa jauh, tetapi ada baiknya bersiap-siap untuk melamar pekerjaan.

Kuncinya di sini adalah memastikan semua yang ada di resume Anda relevan dengan pekerjaan yang Anda inginkan, dan Anda memamerkan atribut terbaik Anda.

Biodata Penulis

Susan Noel adalah seorang penulis konten berpengalaman. Dia dikaitkan dengan banyak blog bisnis dan teknologi terkenal sebagai penulis tamu di mana dia membagikan artikelnya yang berharga kepada audiens.




www.startupguys.net